Apa Saja Tahapan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan?

Apa Saja Tahapan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan?

Pada umumnya bayi berusia 3 bulan sudah terlihat besar. Di usia ini ia sudah memiliki fisik yang lebih kuat sehingga sudah mulai bisa mengangkat kepalanya dengan mantap. Tak hanya itu saja, di usia ini bayi juga sudah pintar membangun interaksi dengan orang-orang di sekelilingnya. Lantas apa saja sih tahapan perkembangan bayi di usia 3 minggu?

Sudah Bisa Berguling dengan Mudah

Otot leher si kecil yang semakin kuat mampu membuatnya bisa mengangkat kepala dalam segala posisi. Baik ketika digendong maupun tengkurap. Tak hanya itu saja, di usia ini bayi juga sudah bisa mengangkat dadanya dan menendang-nendang kaki dengan kencang karena otot pada kedua anggota tubuh ini sudah semakin kuat.

Sudah Bisa Berkomunikasi

Tahukah Anda jika bayi di usia ini sudah lebih ekspresif dalam berkomunikasi. Tak hanya bisa menangis saja, namun ocehannya juga sudah terdengar nyaring dengan durasi panjang. Untuk itu, pastikan selalu ajak ia berkomunikasi dan jelaskan benda-benda yang ada di sekitarnya. Tanpa disadari sering mengajak si kecil berbicara mampu meningkatkan IQ saat ia besar.

Bisa Mengenali Suara Orang

Di usia ini, bayi sudah bisa menyesuaikan dirinya dan lebih peka terhadap perubahan lingkungan yang ada di sekitarnya. Saraf di otaknya mampu mengkoordinasi kemampuan indranya untuk berkembang sehingga bisa lebih cepat mengenali benda dan orang yang dilihatnya. Tak hanya itu saja, bayi juga sudah mulai peka dengan suara dan bau di sekitarnya.

Sudah Bisa Memilih Apa yang Disukainya

Perkembangan bayi di usia 3 bulan selanjutnya adalah si kecil sudah mulai bisa membedakan mana keluarga terdekatnya dan orang lain. Hal ini membuat si kecil mulai bisa memilih apa yang dia suka. Tak hanya itu saja, bahkan bayi di usia 3 bulan juga sudah mulai bisa memilih mana mainan yang disukai. Biasanya mereka menyukai mainan berwarna terang dan bersuara.

Memiliki Waktu Tidur yang Teratur

Akibat dari saraf otaknya yang berkembang, si kecil akan memiliki waktu tidur yang lebih lama di malam hari yakni berkisar antara 6 hingga 8 jam meski terkadang ia masih bisa terbangun sebentar saat haus dan ingin menyusu. Dengan begitu maka Anda juga akan lebih lama terjaga di pagi atau siang hari kira-kira 2 hingga 4 jam.

Butuh Makan Lebih Banyak

Di usia 3 bulan, si kecil sudah mulai aktif bergerak. Hal ini tentu membuat si kecil membutuhkan makanan lebih banyak sekitar 170 hingga 200 ml per hari dengan frekuensi minum susu sekitar 7 hingga 8 kali dalam sehari. Untuk itu, pastikan nutrisi yang dibutuhkan si kecil dapat terpenuhi dengan baik.

Nah di atas merupakan beberapa tahapan perkembangan bayi 3 bulan. Mengingat di usia ini si kecil sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik pertumbuhannya dapat berjalan dengan optimal.

About: admin

shares